5 Juni 2012

Inilah Salah Satu Ledakan Matahari Spektakuler yang Pernah Direkam Manusia (Video)


Kemarin, bintang terdekat dari Bumi, atau yang akrab kita panggil dengan sebutan Matahari, mengeluarkan sebuah ledakan yang amat dahsyat. Ledakan ini merupakan salah satu ledakan Matahari terbaik yang pernah direkam oleh manusia.

Tak hanya mencengangkan secara visual, fakta mengenai ledakan tersebut juga menarik untuk dinikmati. Mari kita berkenalan dengan salah satu fenomena angkasa luar yang disebut dengan nama Coronal Mass Ejection (CME).

Ketika medan magnet dari Matahari mendorong keluar gas super duper panas dalam jumlah yang super duper banyak, terjadilah fenomena ledakan ultra dahsyat yang menghasilkan CME. Video di atas diambil oleh NASA tanggal 16 April kemarin, dan menurut mereka, ini adalah salah satu video klip mengenai CME dengan tingkat kedetailan yang sangat tinggi.



CME yang ditimbulkan pada ledakan tersebut memang sungguh luar biasa, jangkauannya mencapai 318.000 kilometer, jarak tersebut lebih panjang daripada jarak Bumi dijejer sepuluh! Belum lagi panasnya yang ruwarrr biasa, entah benda angkasa seperti apa yang masih dapat selamat setelah dilumat oleh lidah api sepanas hampir 80.000 derajat celsius.

Untungnya, kita semua yang berada di Bumi tak perlu merasa khawatir, karena ledakan ini tidak mengarah ke planet kita. Walaupun begitu, nampaknya salah satu pesawat antariksa NASA, STEREO-B, tidak seberuntung kita disini, properti NASA itu diperkirakan akan menjadi satu-satunya korban yang berasal dari Bumi.

Sumber: http://www.jelajahunik.us/2012/06/salah-satu-ledakan-matahari-paling.html

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan NAMA (nick name) untuk memudahkan merespon komentar yang anda tuliskan, tanpa menyertakan NAMA, kemungkinan besar tidak akan direspon.

Komentar yang bersifat kasar, menghina, atau pun mengejek tidak akan di terima.

jadi tolong berikanlah komentar yang sopan dan baik demi kenyamanan kita bersama.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons