21 Januari 2011

Mengapa Bintang Terlihat Kelap Kelip di Malam Hari ?

Tak ada bosannya manusia mengagumi benda langit bernama bintang di malam hari. Misteri mengapa bintang berkelip pun, telah kita pecahkan.



Bintang berkelap-kelip karena cahayanya harus melalui kantung atmosfer Bumi dalam suhu dan kepadatan beragam. Pada waktu tertentu, bintang konsisten berganti posisi.
Hal itu seperti melihat koin menari di dasar kolam. Para astronom mencoba mengatasi ‘kerlipan’ ini menggunakan optik adaptif, berupa cermin kecil yang secara konsisten menyesuaikan diri untuk menghalau gangguan atmosfer.

Mereka juga menggunakan teleskop ruang angkasa untuk melakukan pengamatan. Teleskop yang mengorbit Bumi di atas atmosfer dapat menghindari masalah yang disebabkan turbulensi.
Di sisi lain, planet umumnya tak bersinar. Planet-planet di tata surya kita lebih dekat ke Bumi daripada bintang-bintang yang kita lihat. Jadi planet sedikit lebih besar dalam bidang visi kita.
Menurut astronom dan blogger Phil Plait, karena planet terlihat lebih besar, maka cahaya yang mencerminkannya menjadi kurang bergeser. Namun, planet bisa tampak berkerlip ketika atmosfer mengalami gejolak luar biasa.

10 komentar:

Anonim mengatakan...

Kepada Tangerang, 12 Maret 2012
Yth. Fahmie
di tempat

Thank you! This article is very useful for me!

Sekian dan terima kasih.
Ivan

siti nurcahyati blog mengatakan...

betul nggak, klo bintang itu berkelap kelip pada malam hari disebabkan karena terjadi pembiasan cahayapada atmosfir dengan indeks bias yang berbeda?

Cara mengobati penyakit glaukoma mengatakan...

bintaang... aku penggemar beratmu, dikala kau bercahaya dimalam yang cerah dan malam nampak gelap gulita, namun kau datang untuk mendamaikan hatiku disaat aku galau..
:)

ASA MADOERA mengatakan...

mengapa bintang disiang hari tidak terlihat, nampak ?

Munawir mengatakan...

Mas ASA,karena sinarnya kalah jauh dengan sinar matahari sehingga ia tidak terlihat.

Anonim mengatakan...

Allah maha besar

soemardi mengatakan...

Mungkin betul karena pembiasan. tapi saya pikir bintang itu, suhunya berubah -ubah, jadi cahayanya juga berganti-ganti yang menyebabkan berkelap kelip. Tahu corona matahari? itu kan lidah api yang berubah-ubah.Bintang yang berkelap-kelip itu, coronanya jauh lebih besar dari corona matahari.Jadi cahaya bintang yang berubah-ubah menjadikan ia kelihatan kelap-kelip. Apa mungkin betul ya?

soemardi mengatakan...

Mungkin betul. tapi saya pikir bintang berkelap-kelip karena suhu nya yang berubah-ubah.Corona matahari berubah-ubah/jilatan api matahari berubah-ubah. Banyak bintang yang jauh lebih segalanya dari pada matahari. Banyak bintang yang coronanya jauh lebih besar dari corona matahari. Jadi karena jilatan yang berubah-ubah/suhu yang berubah-ubah/sinar yang dipancarkan berubah-ubah, menyebabkan bintang berkelap-kelip. Betul gak ya?

Rizki khaharudin Akbar mengatakan...

gan, ijin copas ya?
http://rizkikhaharudinakbar.blogspot.com/

Jhony Viking mengatakan...

Artikelnya keren, gan!!!

Poskan Komentar

Tuliskan NAMA (nick name) untuk memudahkan merespon komentar yang anda tuliskan, tanpa menyertakan NAMA, kemungkinan besar tidak akan direspon.

Komentar yang bersifat kasar, menghina, atau pun mengejek tidak akan di terima.

jadi tolong berikanlah komentar yang sopan dan baik demi kenyamanan kita bersama.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons