16 Januari 2011

5 Perilaku Yang Dapat Mengundang Bakteri

Mungkin Anda sudah rajin mencuci tangan, menghindari orang yang sedang batuk dan rajin membersihkan kotoran dari sekitar rumah. Namun tanpa disadari sebenarnya banyak perilaku kita yang justru mengundang bakteri dan virus. Penasaran ingin tahu apa saja?


1. Mengupas buah
Anda termasuk orang yang rajin makan buah adalah poin yang sangat bagus. Tapi ketika mengonsumsi buah yang harus dikupas kulitnya, misalnya pisang atau jeruk, pernahkah Anda mencuci buah itu terlebih dulu?

Ketika tangan kita menyentuh buah-buahan tersebut dan mengupasnya kulitnya lalu memakannya, besar kemungkinan bakteri yang menempel di kulit akan terbawa masuk ke dalam mulut. Bakteri di kulit buah bisa berasal dari mana saja, mulai dari tangan orang lain sampai debu dan kotoran di toko buah.

2. Handel pintu
Sudah beberapa hari ini Anda menghindari rekan sekerja yang sedang flu berat karena tidak ingin tertular. Bukan cuma mencuci tangan lebih sering namun Anda juga memakai masker. Namun virus flu juga bisa menempel di handel pintu atau benda-benda lain di sekitar Anda.

3. Sepatu dan sandal
Penggunaan dan penyimpanan sepatu di dalam rumah bisa menjadi pemicu penyebaran kuman di seluruh permukaan lantai rumah kita. Karena itu sediakan rak sepatu khusus di luar rumah.

4. Menyentuh wajah
Terlalu sering menyentuh wajah, baik itu menggaruk, mengucek mata atau memencet jerawat, bisa membuat kuman yang ada di sekitar wajah berpindah ke kulit bagian tubuh lain. Hal ini juga bisa membuat jerawat sukar dihilangkan.

5. Benda di kamar mandi
Benda-benda yang dipakai berulang kali seperti gelas untuk berkumur yang ditaruh di kamar mandi, apalagi jika kamar mandi yang dipakai banyak orang, bisa jadi sumber penularan berbagai kuman, jamur dan virus. Karena itu cucilah gelas tersebut secara rutin dan letakkan di tempat terpisah.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan NAMA (nick name) untuk memudahkan merespon komentar yang anda tuliskan, tanpa menyertakan NAMA, kemungkinan besar tidak akan direspon.

Komentar yang bersifat kasar, menghina, atau pun mengejek tidak akan di terima.

jadi tolong berikanlah komentar yang sopan dan baik demi kenyamanan kita bersama.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons